Jumat, 27 April 2018

Trip To Thailand! Serunya ROAMING sendiri

Halooo travellers!

Agustus 2017 lalu, saya dan dua orang teman saya pergi ke Thailand guna untuk belajar dunia yang berbeda. Ga penting sih. Ya intinya kami liburan sendiri tanpa tour guide dan uang pas-pasan. You know, saya disana berasa anak kekurangan uang banget karena kami harus bergulat dengan budget dan juga untuk oleh- oleh. Damn! Biasanya sih kalau aku pergi sendiri aku ga akan beli oleh- oleh ahaha. Pelit sih. Tapi daripada aku ga bisa dihidup di suatu tempat antah berantah kan?
Well singkat cerita, Kami pergi ke Thailand pun sudah direncakan jauh- jauh hari banget loh. *walaupun saya mengira ga akan jadi lagi haha.


Di Thailand aku kemana aja? Yang pasti aku pergi ke Bangkok (I love this city so much) dan Pattaya.
Pertama kali pergi ke luar negeri sendiri? ya saya juga koq dan langsung ke Thailand lagi ahaha. well, sebelum kamu pergi, saya ada beberapa tips yang mungkin bisa berguna untuk kalian yang akan pergi ke Thailand. 


1. Tahap persiapan.
Persiapan yang matang adalah kunci agar kamu ga kelapan dan kesusahan di negara orang. Apa aja yang wajib dipersiapkan?

tiket pesawat dan itinari


a. Paspor. Wajib banget jangan sampai hilang dan tertinggal. Kalau kamu diluar negeri, wajib banget paspor ini kamu bawa- bawa sebagai tanda pengenal kamu. Tapi berhati- hati juga jangan sampai tertinggal ya. Gimana cara buat paspor? waahhh panjang sih. yang jelas kamu harus datang ke imigrasi, membawa kelengkapan dokumen yang diminta, foto dan verifikasi, dan terus balik lagi ke imigrasi untuk mengambil paspor kamu. well ini akan saya bahas di post yang lain karena saya melakukan banyak kebodohan di Imigrasi dan buang- buang uang begitu saja tanpa bisa di refund. But kamu bisa cek web imigrasi untuk detailnya.

b. Tiket pesawat. waaaww ini yang selalu orang menyerah pergi. Tiket pesawat mahal? No! saya dapat tiket promo airasia dari suatu agen dengan harga super murah karena 50% off harga normal. Jadi aku PP dapat 1.750.000 sajaahhh. saya dapat dari mana sih? cek ig-nya @tiketpesawatnya aja deh. Enaknya jaman sekarang itu ya tiket pesawat semua banyak yang promo jadi kamu tinggal pilih dari agen mana yang kamu percaya.
c. Booking penginapan. waaahhh aku suka banget hostel dan hostelku di Bangkok super recommend deh. close from everywere you want to go. I mean like bus stop, pier, Khaosan rd, Main road, what else? well you can check it out di post saya yang lain. Dan di pattaya saya menginap di condo lantai 13 dengan view pantai yang super kece banget buat instagram. Tapi karena balkonnya kami pakai buat jemuran dengan buatan sendiri (saya buat pake tali rapia yang dibawa dari rumah haha) akhirnya kami jarang foto- foto disana. saya pesan melalui website Tripadvisor untuk hostel dan Airbnb untuk apartemen di Pattaya. Kedua website itu yang jadi andalan saya untuk cari info penginapan di suatu tempat yang akan saya kunjungi.

d. Buat jadwal perjalanan. Di bangkok dan Pattaya kamu mau kemana aja? Kalau saya menentukan tempat kemana saya pergi berdasarkan jarak tempat yang akan saya kunjungi. Misal, Grand palace dan Wat- Wat-an itu bisa saya kunjungi dengan boat dalam satu hari, so saya akan rencanakan dari tempat saya ke daerah tersebut. dan hari berikutnya ke daerah mall- mall-an.


e. Uang. Penting bangetlah kalau ga disiapin, mau hidup gimana di negara orang? Di Indonesia aku cuma tukar 6000 baht dengan kurs jualnya 407. dan di bangkok aku debit dari CIMB Thai karena aku juga pakai CIMB dengan adm Rp7.500. kalau di rupiahkan, 1 baht = 415 sih. mehong :( tapi emang segitu sih kursnya. Kalau kamu pake atm lain dan ambil disana, temen aku bilang sih kena charge adm-nya 50.000 rupiah tiap ambil uang thailand. jadi lebih baik ambil sebanyak yang kamu butuhkan aja biar gak rugi shaayy!




f. Barang bawaan, koper dan tas. Sumpahnyaaaaaa. Jangan sampai barang bawaan kalian menyusahkan diri sendiri kaya saya. Kamu bisa cuci baju disana juga jadi daripada beli bagasi mahal mending bawa barang dikit dan yang penting- penting aja deh. Maklum yaa saya travelers pemula. 


g. Bahasa. Kami sebut Thailand dengan "Lay Lay Land". Why? tiap mereka ngomong pasti ada laynya hahaha sumpah geli sendiri dengarnya. Sulit untuk berkomunikasi dengan orang sana karena jaraaaaaanggggg banget yang bisa bahasa inggris. sedih jadinya. gimana nanti pas saya ke jepang ya? huhuhuhu. Muka kita itu kan sejenis dengan muka orang Thailand dan Asia lainnya, jadi jangan heran ya kalau kamu diajak ngomong pake bahasa lay lay land. just say, "sorry I don't understand" and they will try speaking in english.

2. Tiba di Thailand dan Keliling kota Tujuan.
a. Form yang diisi di pesawat. Jangan sampai ilang dan taroh berdampingan dengan passport aja deh. kenapa? karena pas kamu meninggalkan thailand, kartu form itu akan diminta lagi.


b. Jangan jadikan jadwal yang sudah kamu buat sebagai acuan supaya kamu gak kaya anak hilang disana. Dalam grup ini, saya kebanyakan yang buat jadwalnya. biasanya saya gunakan peta dan blok tempat- tempat yang berdekatan untuk didatangi dalam satu hari. it works and super effective so far. Jadwal yang kamu buat juga sama pentingnya tapi sesuaikan dengan keadaan. Kita kan bukan pakai jasa travel. Santai aja kaya di pantai!

c. Di Bangkok seperti apa? I love Bangkok soooo much! with their people, cultures, modern but modest, I love everything in there. You have to see it at least once in your life. I love the temple of the dawn, those boat transportation, free red bus, their food, khao san road, and their Chatuchak weekend market. <3


d. Di Pattaya seperti apa? hufff. nigh life forever bebbbeehh! I dont drink nor night life activity so this place is a bit "not so me" place. you know what i mean? I feel like a baby in there haha. so innocent.
Pantai koh Larn yang hanya nyebrang dari Bali Hail Pier

3. Pulang ke Indonesia
a. Kapan boarding time pesawatnya? Penting banget untuk sampai 2 jam sebelum waktu kamu boarding karena untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan misalnya saja lama mengantri pas check-in atau drop baggage, terjebak macet, terjebak antrian panjang di Imigrasi dan sebagainya.

b.kertas kedatangan yang dibagikan dipesawat, tiket/ boarding pass, dan passpor jangan sampai tertinggal ataupun hilang. Kalau sampai kejadian maka akan susah sendiri dan ga bisa pulang.

c. cek barang bawaan. Yup barang bawaan seperti oleh- oleh dan sebagainya jangan sampai tertinggal

d. Pastikan kamu tahu cara menuju bandaranya ya. Penting banget sih soalnya kami galau gitu gimana cara pulang dari pattaya.
Pada akhirnya saya naik taksi juga dengan harga 1600 baht include all in from pattaya to DMK Bangkok

Sekian dulu tulisan yang campur aduk bahasanya ini takutnya kalian yang baca keburu pusing. hahaha. kalau ada pertanyaan, bisa komen atau kontek aku di sosmed. mudahlah menemukan saya di dunia ini. Happy travels geeiiiss!

Cek post saya yang lain mengenai Thailand ya!

Karena saya juga cari info dari website orang, berikut ini website yang mungkin bisa berguna untuk kalian di Thailand.

1. Web info bangkok
https://www.transitbangkok.com/to_Bangkok_airport.html#donmuang

https://www.youtube.com/watch?v=keZjgPiJJO8

http://www.bangkok.com/bts/

2. Web Info Pattaya
https://12go.asia/en/travel/pattaya/don-mueang-airport

https://online-pattaya.com/taxi/meeting-at-the-suvarnabhumi-and-don-mueang-airports?gclid=CjwKEAjwj6PKBRCAy9-07PeTtGgSJAC1P9xGl1THIdpbwTAn4JWiDI1m6E1eJLWKQ_Lw-1DSC3A-RRoCYeTw_wcB

Sebenarnya masih banyak banget cuma lupa dimana dan rata- rata baca blog orang juga sih. Tapi ada 1 buku yang benar- benar membantu saya saat di Bangkok. Saya sempat review dan post di slideshare juga. cek di Complete Guide Bangkok by Uki Lukas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar