Sabtu, 15 Juli 2017

Cara Merawat Rambut Hitam Panjang Alami

Halo Semuanya!
    Di tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana saya merawat rambut hitam panjang saya dari rambut singa, kusam, warnanya seperti anak layangan, dan sebagainya. Tapi intinya, rambut saya tipikal rambut kering, susah diatur, gampang ketombean, dan rontok. Sungguh perjuangan merawat rambut seperti ini loh. 

rambut saya sekarang sudah lebihh baik
    Sebelum jauh pembahasannya, saya ceritakan sedikit mengenai sejarah rambut saya dulu deh. Sejak kecil rambut saya memang sudah hitam tapi tidak pernah panjang karena saya suka potong sendiri atau ibu saya yang potong rambut saya. haha banyak sejarah nakal deh sama rambut ini. Iseng banget ga betah kalau lihat gunting rasanya ingin potong aja. Lanjut ke masa remaja, karena saya berbadan gemuk, ibu saya melarang untuk potong pendek lagi jadi mau ga mau saya panjangin rambut saya walaupun saya ga pede karena rambut saya jelek dan susah diatur. Seingat saya sepanjang masa remaja, hal yang saya lakukan untuk rambut saya hanya dikuncir kuda saja. Yup! ga ada hal yang spesial. Sampai akhirnya ke masa kuliah, masa dimana saya mulai memperhatikan diri saya, Saya mulai ke salon dan berani mewarnai rambut, serta berkali- kali smoothing rambut saya. Tapi apa hasilnya? Saya bersumpah tidak akan men-smoothing rambut lagi karena obatnya yang keras membuat rambut saya kering, bercabang, dan patah- patah. Lalu hasil dari pewarnaan rambut pun tidak sesuai harapan saya. Alhasil, rambut saya berwarna merah kaya anak layangan terlalu lama kena matahari. Can you imagine that? 



     Oke sudah saya stop pergi ke salon dan mulai mencari- cari perawatan sendiri untuk rambut saya. Dari sekian banyak produk yang saya coba - dari yang mahal sampai yang murah - hanya produk- produk dibawah ini yang akhirnya mampu mengembalikan warna rambut saya ke aslinya dan perawatan rambut yang sesuai dengan yang saya inginkan. Apa saja ya?
1. Minyak Kemiri Asli.
   Sudahh banyak minyak kemiri yang dijual dipasaran tapi minyak kemiri ini yang saya beli di sebuah salon di Bandung, yang paling cocok dengan saya. Dulu saya jual juga minyak ini tapi karena saya sudah tidak pernah ke Bandung lagi jadi susah untuk dapat barang ini.

Rambut saya sebelum keramas

2. Shampo Noni extrak Cengkudu
   Ada banyak model Shampo Noni ini loh. Dulu saya pakai yang kemasannya warna hijau karena ekstrak cengkudu asli tapi saya tidak tahan baunya dan after effect pakai di rambut jadi kasar. Tapi sekarang saya pakai Shampo Noni dari miranda seperti dibawah ini.
  
Hair Color Shampo dan Peralatan perang
 Gimana sih cara pakai Shampo ini? Caranya yuk saya tunjukkan.
- Pertama, barang yang mesti kamu siapkan yaitu Jedai atau jepitan rambut, Miranda hair color shampo, dan sisir.
- Kedua, buka box shamponya dan ikuti petunjuknya. Sebenarnya tidak sulit karena sama dengan kita shampoan rambut sih. Saya suka ini karena produk ini amonia free, alami, dan shampo bukan pewarna rambut. Kalau untuk saya sih ini tidak terlalu bikin rambut kamu hitam banget kaya pakai minyak kemiri ya tapi lebih ke perawatan rambut hitam kamu agar lebih berkilau.


- Ketiga, Pakai sarung tangan plastik yang sudah disediakan. Biasanya saya gak pakai sih tergantung mood karena tidak berpengaruh ke kulit saya juga. Tapi kalau kulitmu sensitif, jangan lupa pakai ya!
bentuk kemasan shampo depan

Isi Shampo ada dua macam
 - Keempat, sebelum mengaplikasikannya ke rambutmu, sisir terlebih dahulu agar lebih merata shamponya. Lalu buka kemasan shampo dan gosokkan ke rambut hingga rata.
Kalau sudah kecampur ditangan tinggal gosokkan ke rambut
 Kelima, diamkan 10- 15 menit dan bilas. Perhatian, kalau sudah agak lama, busa- busa ini akan jadi air dan menetes kemana- mana so kalau kamu mau, bisa pakai cap rambut juga supaya gak berantakan. Setelah dibilas, jangan dipakai apa- apa lagi ya (misal conditioner/ masker) supaya hasilnya lebih maksimal. Biasanya saya pakai ini 2-3 bulan sekali tergantung warna rambut saya apakah ujung rambut yang bandel ini kusam lagi? ya itu saatnya saya pakai sampo ini agar lebih berkilau.

diamkan selama 10-15 menit. Tapi kalau saya 15 menit sih.

3. Shampo dan Masker Rambut dengan Goldwell. 
   Merek dagang dari eropa ini emang juara banget deh. Harga juga juara sih tapi sesuai sama hasil yang produk ini kasih dan aweeeettt banget! Untuk Shampo saya beli harga 220.000 dan masker yang ukuran mini 200Lt pun sama. Tapi kalau saya sarankan, lebih baik beli yang besar sekalian isi 1.500 Lt untuk menghemat karena harganya 520.000an. So kamu bisa menghemat banyak sih hanya dengan menambah 300.000 lagi. Saya pakai ini hanya seminggu 1-2 kali. Jadi kalau saya mau masker rambut, saya pakai samponya juga. Tapi kalau keramas biasa sih saya cuma pakai rejoice koq. Ini salah satu produk yang saya rekomendasikan banget karena lebih bagus dari Makarizo ataupun Matrix Biolage yang sebelumnya jadi langganan saya. Tapi yaaa, ada uang, ada barang, ada kualitas. Hal yang paling saya suka dari ini yaitu saya tidak butuh waktu lama untuk maskeran dan sesuai dengan iklannya hanya butuh waktu 60sec aja. Gak percaya? Cobain deh ga nyesel koq.

Cari masker dan Shampo ini mungkin agak susah ya karena tidak dijual bebas dan untuk profesional. Tapi kalau mau, kamu bisa beli di saya loh.

Shampo Goldwell Rich repair

 4. Perawatan Rambut Setelah Keramas.
   Perawatan ini saya aplikasikan setiap kali saya selesai keramas dalam keadaan rambut setengah basah. Semenjak rambut saya rusak karena smoothing dan coloring, saya anti catok dan hairdryer. Makanya saya biarkan saya rambut saya kering alami karena vitamin ini akan meresap lebih maksimal sih menurut saya. Apa saja yang rutin saya pakai?

Produk- Produk dipakai Setelah Keramas

a. Hair Tonic Makarizo Salon daily. Rambut semakin panjang semakin cepat ketombe dan mudah patah. Jadi saya perlu toner yang tepat untuk rambut saya. Dan tonic yang saya pakai yaitu dari Makarizo Salon Daily. Wanginya adem apel gitu dan dirambut seperti mint yang menyegarkan kulit kepala. Oke banget deh! Ketombe? Hilang!
b. Lucidol spray for damaged Hair. Saya suka ini karena vitamin untuk rambut dan supaya lebih wangi aja sih.
c. Loreal Extra ordinary Oil. Biasanya saya pakai ini sebelum keramas untuk menutrisi rambut saya. Saya kurang suka baunya sih tapi saya akui ini memang bagus untuk rambut kering loh.
d. Makarizo Advisory Hair Recovery. Pasti familiar dengan produk satu ini ya karena bisa anda beli ini mini market terdekat. Saya suka wanginya dan saya pasti pakai ini sebelum pakai hairdryer dan catokan kalau saya perlu banget pake mereka. So ini produk akan menyelamatkan rambut kamu dari kerusakan akibat panasnya hairdryer dan catokan.
e. Makarizo Honey Dew Nutriv Serum. Serum rambut paling saya suka. Selain wangi honey-nya yang menenangkan, produk ini menutrisi rambutmu. Produk ini sih wajib banget saya pakai. Biasanya saya pakai setengah dari tube itu dan aplikasikan ke rambut dari bagian telinga hingga keujung rambut. Biasanya saya pakai banyak pas diujung rambut. Ini produk penyelamat rambut saya dari kerusakan di ujung rambut seperti kusam dan pecah- pecah. Tapi kalau kamu pakai seluruh rambut terutama di pangkal atau akar rambut, takutnya malah jadi lepek seperti yang pernah terjadi pada saya. Jadi pakai seperlu kamu ya.
f. Matrix Biolage Deep Smoothing Serum. Jadi kalau rambut saya lagi bad hair day, saya pasti aplikasikan ini. Produk ini bisa dipakai kapan saja kamu mau karena mudah diserap oleh rambut. Kalau saya sih suka pakai ini sebagai pengganti minyak urang aring. Produk ini sangat membantu saya menata rambut yang sulit diatur dan rambut singa saya. 
Apakah saya pakai semua produk diatas seteleh keramas? Yup! semuanya saya pakai dan hasil akhirnya sungguh memuaskan.

    Jadi itulah rahasia saya mendapatkan rambut saya yang sekarang ini. Rambut saya saat ini suda kembali ke asal yaitu bergelombang dan hitam tapi dengan perawatan itu jadi lebih bagus hasilnya. Merawat rambut memang susah- susah gampang karena tak ada yang instan di dunia ini. Saya dapatkan ini setelah rajin perawatan sendiri selama 2 tahun. Oh ya saya tidak pernah ke salon loh. Saya memang dari awal anti berlama- lama di salon dan lebih memilih perawatan sendiri. Selain bisa berhemat, uang jatah salonmu bisa kamu belikan produk rambut yang lebih mahal dan bagus.
Selain produk diatas, Tips perawatan rambut saya:
1. Sabar. Perjuangan merawat rambut itu sungguh panjang.
2. Rajin keramas 2 hari sekali dan gunakan conditioner rambut. Kalau saya pakai rejoice 3 in 1 dan conditionernya suka gonta ganti sih tergantung mood saya.
3. Sisihkan waktu untuk masker dan perawatan lainnya.
4. Jangan terlalu sering hairdyer dan catok. Biarkan rambutmu apa adanya. Natural is beautiful lah.
5. Hindari smooting dan pewarnaan rambut yang malah akan merusak rambutmu. Ini pengalaman saya banget. Kamu bisa cek facebook saya dan lihat foto lama saya deh.

Kalau kamu, apa rahasia perawatan rambutnya? Yuk Sharing! 

Saat ini saya sedang mencari cara supaya rambut tumbuh saya tidak berantakan. Gimana ya caranya? Adakah option lain selain harus dicatok? Kasih tahu saya kalau kamu berhasil ya!

Kalau kamu mau beli produk di atas, kamu bisa beli di saya dengan cara line saya di amiyusepa93 atau email saya di fazmi.yusepa@gmail.com

Selamat Mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar