Kamis, 11 Oktober 2018

PENGALAMAN TES KERJA DI MCD INDONESIA

Hallo readers dan para pejuang pencari nafkah!

Pada bulan februari lalu saya melamar di sebuah perusaan francise sukses yaitu MCD Indonesia atau PT Rekso Nasional Food sebagai Management Trainee. Dan ternyata pada bulan maret saya ada telpon untuk undungan interview di kantor pusat MCD. Senang sekali saya saat itu karena memang sangat membutuhkan pekerjaan dan bekerja di perusahaan Food and Beverage itu merupakan tantangan baru buat saya. Dari situ saya mencari berbagai info mengenai MCD Indonesia dan bagaimana proses perekrutan di perusahaan ini.

Informasi Umum
Perusahaan ini bernama PT Rekso National Food berkantor pusat di:
Jl Boulevard Artha Gading Kav A-1 Ged Graha Rekso Lt 5
Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading
Jakarta Utara 14240 DKI Jakarta
(021) 45856199
Informasi Karir dari Website MCD

Informasi mengenai posisi Trainee Manager atau MT bisa cek di kaskus untuk opini lebih jujurnya.
Kaskus: Info MT MCD


INFORMASI PROSES PEREKTUTAN KERJA DI MCD

Secara keseluruhan, proses perekrutan di MCD sendiri memakan waktu 2 bulan hingga 3 bulan lamanya. Ada beberapa tahap perekrutan di perusahaan ini yang harus diikuti oleh para calon pegawai MCD yaitu:


1. Screening CV
Waktu itu saya dapat info dari Jobstreet dan saya lamar melalui situs pencari kerja Jobstreet.com. Kalau MT atau TM ini untuk lulusan S1 dan D3. Untuk kamu lulusan SMA/SMK coba aja apply untuk jadi crew-nya.

2. Interview HRD
Tes kedua yaitu Interview HRD. Saat itu saya diminta datang ke kantor pusat yang berada di Graha Rekso Jakarta Lt.5 persis di pinggir mall MKG pada jam 10.00am tanggal 9 maret 2018. Sebelum tes, pastinya saya mempersiapkan berkas yang perlu saya bawa dan mencari berbagai info mengenai MCD agar interview saya berjalan lancar.
Info mengenai perektrutan dan pengalaman orang- orang yang sudah berhasil bisa dilihat di Kaskus : all about Trainee manager MCD.
Saat interview apa saja yang ditanyakan?
1. Diminta untuk perkenalan diri
2. Ditanya hal yang kamu ketahui mengenai trainee manager MCD
3. Pengalaman kerja dan pencapaian apa yang sudah kamu dapatkan
4. Kesediaan kamu untuk ditempatkan diberbagai wilayah kerja MCD.

Waktu tes interview ini bentar banget. Saya sendiri hanya memakan waktu 15 menit sudah gitu aja pulang.

3. OJP atau On Job Preview.
Sebenarnya tahap ini bukan proses eliminasi perekrutan, tapi lebih menjelaskan bagaimana jenjang karir di MCD, seluk beluk MCD, Tunjangan dan Gaji yang didapat, Jam kerja, dan Tugas sebagai Trainee Manager. Jika kalian diminta datang untuk ini berarti kalian lulus tahap Interview. Dari tahap Interview ke OJP ada waktu tunggu sekitar 2 minggu. Saya dipanggil lagi tgl 22 maret 2018. Setelah mendapatkan berbagai informasi yang memakan waktu sekitar 2 jam lebih itu, kami diminta untuk memikirkan kemana akan tes kerja selama 3 hari di Toko MCD. Saat itu saya memilih di Toko MCD Metland Cileungsi. Toko baru dan masih sepi jadi saya pikir tidak akan banyak hal yang dilakukan. ahahaha. Tapi alasan utamanya sih karena paling dekat rumah.
Berhubung saya sudah catat berbagai Informasi saat perekrutan ini, sedikit saya sharing apa yang ditawarkan MCD untuk posisi Trainee Manager ini:
a. Tugas Manager MCD
1. Bisa melakukan perekrutan pegawai sendiri untuk bagian crew toko
2. Training pegawai
3. Penggajian
4. Feedback untuk karyawan (constructive atau apresiatif)
5. Food quality checking
6. Maintenance
7. Customer value atau Quality Service

Jam kerja : 22 hari kerja 8/9 day with jumping jack work hour (jam kerja tiap minggu bisa beda dan di shift) dengan jeda kerja 10-12 jam
Jadwal kerja : Opening, Middle, Closing, Overnight. Hari libur dan hari raya tetap masuk.

Jenjang karir di Trainee Manager ini cukup menarik loh. Saya saja jadi semakin semangat walau tidak lolos. Adapun jenjang karir yang ditawarkan MCD yaitu;
1. Management Trainee/ Trainee manager
2. Second Assistent
3. First Assistent
4. Resto Gendral Manager
5. Operational Consultant
6. Operational Manager
7. Assistent Director Operational
8. Director Operational

Status karyawan setelah diterima bekerja di MCD yaitu karyawan permanen.

MCD juga menawarkan Benefit untuk para karyawannya yaitu:
A. cash : 
1. Tunjangan Trainee berupa transport dan flexible benefit
2. Travel Closing
3.Travel Overnight
4. Quarterly Bonus diatas 3 bulan
5. THR dari join date (Bulan/12 x BS + 12%)
6. Gaji 4,2juta - 4,5 juta untuk awal.

B. Non Cash
1. Meal seharga Panas Special
2. Uniform 2-3 stell
3. Cuti setelah 1 tahun kerja hingga 12 hari
4. Tunjangan Pernikahan
5. Tunjangan Duka
6. BPJS
7. Jaminan Hari Tua

4. On the Job Evalution (OJE)
Tujuan untuk On the Job Evalution ini adalah untuk menilai :
- Kemampuan beradaptasi calon karyawan
- komunikasi
- interaksi
- level energi
- kemampuan kepemimpinan
 dan yang menilai adalah manager dan crew toko dimana kita tes kerja.

Tes OJE ini diadakan selama 3 hari dengan jam kerja hari ke-1 di ari sabtu dari jam 12 siang- 8 malam, hari ke-2 di hari minggu dari jam 3 sore - 12 malam, hari ke-3 di hari senin dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Begitu selesai OJE kalian akan diajak ngobrol oleh manager senior disana dan diminta pendapat kalian dan sharing bagaimana pengalaman kalian, apa yang dirasakan, kekurangan dan kelebihan dari toko itu, yah sharing gitu deh. Dan kalian juga akan diminta mengisi kertas evaluasi selama kerja disana. Saya berasa kuis dan curhat karena isinya panjaaaanggg banget!

Banyak hal yang saya alami bekerja disini. Saya mengamati konsumen disana, mengamati pegawai dan manager disana. Dan dari situ saya semakin menghargai orang- orang yang bekerja di restoran cepat saji. Betapa team work itu nomor 1 dan tingkat kemandirian atau peka terhadap pekerjaan itu sangat penting. Kalau kalian diam saja, carilah yang bisa dikerjakan. Hanya saja saya merasa pusing dan keteteran ketika harus bekerja dibelakang layar tapi sekaligus puas dengan apa yang saya pelajari disana. Saya jaraaaangggg banget makan di restoran cepat saji karena tidak baik untuk kesehatan jadi banyak yang tidak saya tahu. Macam- macam saus, eskrim, dan menu- menu di MCD saya gak tau banget. Tiap ke MCD cuma makan cola float dan kentang ya gimana donk?!

Pokoknya pesan saya ketika kalian sampai tahap ini yaitu tunjukan bahwa kalian layak bekerja disana, rajin- rajinlah berkomukasi dengan para crew disana, kreatif melakukan pekerjaan tanpa disuruh, peka untuk membantu konsumen dan crew, jangan malu bertanya. Saya tidak bisa jelaskan detail pengalaman saya disini karena saya ingin kalian merasakan sendiri pengalaman luar biasa ini.

5. Psikotes
Pada saat tes psikotes kalian akan dikirim email untuk mengikuti psikotes itu. Baca petunjuk baik- baik dan kerjakan dengan benar. Serius deh psikotesnya cepet banget dan murni hitung berhitung semua. Daaannn boleh pakai kalkulator. Bawa kalkulator rumus karena akan memasukan rumus- rumus gitu soalnya. 

Saya hanya sampai tahap ini di proses perekrutan MCD. Tapi walau begitu, saya senang bisa memiliki pengalaman bagaimana bekerja di MCD. Dan sangat amat menghargai bagian HRD MCD yang super ramah dan pendengar yang baik. Paling penting sih ini, mereka tidak PHP alias pemberi harapan palsu. Kalau kamu lolos, kamu akan di Telp untuk tes Medical Check Up dan kalau kamu gagal, kamu akan menerima email pemberitahuan.

Semangat belajar tes psikotes!!! Karena banyak banget yang gugur di tahap ini. Termasuk SAYA.

6. Tes Medical Check UP
Pada tes ini kalian akan dicek darah, urin, dan di tanya- tanya seputar kesehatan kalian oleh dokter. Menurut teman saya yang sudah lolos, dia diminta untuk ke rumah sakit yang ditunjuk MCD dan ikuti saja prosesnya.

7. Taken Contract
Penandatanganan kontrak kerja kamu. Dan selamat bekerja mengikuti semua proses training MCD sampai lulus jadi karyawan tetap MCD.


Akhir kata, saya tidak merasa sedih tidak lolos bekerja disini, kecewa ada tapi saya kecewa pada diri saya sendiri. Kenapa saya bodoh sekali mengerjakan tes Psikotes ini. Tapi saya juga sangat berterima kasih kepada tim HRD MCD sudah memberikan saya kesempatan dan pengalaman berharga ini. Saya juga berterima kasih pada tim MCD METLAND Cileungsi yang sudah mengajarkan saya banyak hal. Tidak ada hal kebetulan di dunia ini. Semua adalah takdir. Coba aja dulu hasil akhirnya gimana nanti.

Tidak ada pekerjaan yang susah dan tidak ada juga pekerjaan yang sulit. Semua tergantung pada kita yang melakukan kegiatan tersebut. Maukah kamu berkembang dan memiliki kehidupan yang lebih baik? 

SEMANGAT JOB SEEKER!

59 komentar:

  1. Terima kasih infonya, sama kita juga lagi jadi jobseeker ! Keep inspiring yaa :)

    BalasHapus
  2. Boleh tau contoh soal psikotes nya gak? Kalau berkenan bisa dikirim ke email saya ya rafika.zahraini.rz@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Boleh minta kisi kisinya gak? Kirim dong ke email saya denay1278@gmail.com :)

    BalasHapus
  4. Boleh minta kisi2nya ga? Kirim ke email saya pak faizaradea19@gmail.com

    BalasHapus
  5. Halo saya mau tanya psikotes MT McD ini online atau langsung di CSO McD ya?

    BalasHapus
  6. Boleh tau gak kisi2 psikotesnya seperti apa boleh di kirim ke email aku. Kalo berkenan
    imanfaturahman8@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  7. Halo, saya rabu besok interview untuk posisi trainee manager, boleh kasih tau tips tips untuk interview nya, dan jika berkenan boleh tau kisi kisi psikotest nya thang_zhaiyin@ymail.com terimakasih

    BalasHapus
  8. Saya sangat senang membaca ini, terima kasih kak 🙏
    Apakah boleh mnta salinan psikotesnya? 🙏
    Ini email saya kak, hasantunter@yahoo.co.id

    Terima kasih kak

    BalasHapus
  9. Wah pengalaman yg luar biasa kk. Keep inspiring ya kak. Kebetulan besok saya ke tahap medical check up. Mohon doanya hehe

    BalasHapus
  10. Ka mau tanya, kl gagal paikotest trima email pmbritahuan brp lma? Mks

    BalasHapus
  11. Ada yg dipanggil interview di mcd Bekasi ga hari senin tgl 4 feb?

    BalasHapus
  12. Boleh tau dong kisi" Psikotesnya faisyalazhar1994@gmail.com

    BalasHapus
  13. Mantap soalnya senin saya dipanggil interview

    BalasHapus
  14. Hemmm.. Makasi infonya, saya ngelamar TM enggak di panggil" sudah 2 bulanan

    BalasHapus
  15. Kak saya baru saja melewati proses wawancara lewat video, dan lagi menunggu pengumuman hasil tes. Saya bisa tau gak kak contoh soal psikotesnya, kalau kakak masih ada bisa gak kak dikirim ke vanicodemanalu@gmail.com. terima kasih ya kak. Salam.

    BalasHapus
  16. informasi yang sangat berguna, saya sangat berterimakasih!

    BalasHapus
  17. Makasi buat infonya, berguna banget nih

    BalasHapus
  18. Kaka contoh soal psikotes nya gimana ya kak 🙏

    BalasHapus
  19. Kak kirim contoh soal psikotesnya kak 🙏Emailnya robsonjaya96@gmail.com

    BalasHapus
  20. boleh tau contoh tes psikotesnya gak kak?

    BalasHapus
  21. Saya besok taken kontrak,untuk tes psikotesnya saya hanya mengerjakan quiz yang hanya di jawab yang tidak akan dilakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas/mba tesnya daerah mana ya? Kenapa beda beda, ada yg quiz dan ada yg hitung2 semua? Boleh tau apakah mas/mba pergi ke suatu lembaga psikotes gitu ? Mohon dibalas. Terimakasih

      Hapus
  22. Boleh tau tes psikotest nya seperti apa ? Kalo ada yang berkenan boleh minta kisi" psikotest nya kirim lewat email saya djohantarafathan@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas kalo uda dapat kisi2nya bagi2 dong mas. Boleh yaa. Hehe

      Hapus
  23. Maaf bg d McD Bali masih ada lowongan gk sya dah berpengalaman d McD Tangerang selama 3thn lebih kak risent karena keluarga pindah k Bali tolong info ny donk kak ke no sya 081314058097

    BalasHapus
  24. Boleh tau gak gimana aja soal psikotes nya. Kalo boleh kirim yah ke email : naufalmayufauzan@gmail.com

    Terimakasih untuk sebelumnya ��

    BalasHapus
  25. Informatif artikelnya buat para jobseeker spt saya, terimakasih

    BalasHapus
  26. Kak boleh kasih contoh soal psikotesnya kah? Kalau berkenan bisa dikirim ke fransiskade14@gmail.com terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  27. Boleh tau kisi-kisi psikotes nya, saya besok akan tes psikotes nya, boleh di kirim lewat email Rizkihabib38@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
  28. Maaf mba mau tanya, pada saat interview apakah ada ketentuan hrs pakai pakaian sperti apa? Hitam putih kah? Atau bebas asal rapi dan sopan? Terimakasih

    BalasHapus
  29. Maaf ka. Boleh tau ga kisi²nya itu kaya gimana ? Bisa kirim ke gmail aku ya hehe @srirahayuwidya9@gmail.com

    BalasHapus
  30. Kalau tidak diterima dapat notif email brapa lama kak ?-ini temenku udh tes kesehatan tapi aku belum ada kabar apa2

    BalasHapus
  31. Wah terimakasih mba udah sharing :) kalau berkenan saya boleh minta kisi-kisi psikotest nya nggak mba? Ini email saya mba ressypriyantini01@gmail.com. terimakasih

    BalasHapus
  32. Kisi kisi tes tulisnya donk min

    BalasHapus
  33. Kisi kisi tes tulisnya donk min ini email saya bahrudinosd@gmail.com

    BalasHapus
  34. Gue udah jadi 2nd second assistant manager

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Kalau boleh tau kisi2 spikotestnya kayak gimana ya tolong dong kirim ke email saya kristinwahyu323@gmail.com

    BalasHapus
  37. Boleh tau kisi-kisi psikotes nya, saya besok akan tes psikotes nya, boleh di kirim lewat email nabillaintannh@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. SANGAT BANYAK TESTNYA YA. DI BALI PADAHAL ENGGk seribet itu. Mungkin memang beda2 ya

    BalasHapus
  40. Mohon maaf apakh boleh tau kisi-kisi untuk untuk tes psikotes nya, boleh dikirm lwat email saya maulidmaulidamaulida375@gmail.com

    BalasHapus
  41. Mohon maaf apakh boleh tau kisi-kisi untuk untuk tes psikotes nya, boleh dikirm lwat email saya maulidamaulida375@gmail.com

    BalasHapus
  42. Saya sangat senang membaca ini, terima kasih kak 🙏
    Apakah boleh mnta salinan psikotesnya? 🙏
    Ini email saya kak,zamraenieny@gmail.com

    BalasHapus
  43. kalau untuk kisi kisi soal psikotest atau salinan soal psikotest itu ga ada sih soalnya minggu lalu tgl 3 des 2019 saya tes via online based makassar , waktunya cepet bangt 27 menit untuk 145 soal dibagi jd 4 sesi , sesi 1 aritmatika , sesi 2 deret gambar , sesi 3 analogi verbal , sesi 4 persamaan/perbedaan pada deret angka/huruf. setelah itu ada tes EPPS yg untuk kepribadian itu ga pake waktu sih dikerjakan terseŕah berapa lama ada 100an soal lbh. dan untuk tiap sesi itu sudah diatur ya jd ada batas waktu tiap sesi misal aritmatika waktu yg diberikan cuman 7 menit dsb jd bukan berarti 27 menit kita yg ngatur sendiri ga gais jd tetap sdh di atur sama pihak sononya.

    BalasHapus
  44. saya alhamdulillah hari ini tgl 10 des 2019 sdh tes kesehatan , mulai tes screening cv september jeda 2 minggu lbh ada kabar interview , trus jeda hampir dua minggu bahwa lulus ke tahap OJE , dan jeda 1 minggu di pengumuman lulus ke tahap psikotes dan alhamdulillah 3 hari kemudian di info untuk kesehatan. semoga infonya bisa membantu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka mau tanya dong.. setelah 2 Minggu lolos OJE. Tdi sore aku ditlpn untuk orientasi .Nah mau nanya dong setelah orientasi itu bakal ada tes nya lagi apa GK?

      Hapus
    2. Oh jadi abis OJE itu bukan nunggu panggilan buat training ya?

      Hapus
    3. Kak tolong kirimin test psikotesnya dong plis ke email aku oktaveralita98@gmail.con

      Hapus
  45. Boleh kirim kisi² pskotesnya kak diemail amaliaputri250998@gmail.com

    BalasHapus
  46. Waaahhh gak heran banyak yang coba kontak sy lewat email. Well, mohon maaf soal kisi2 psikotes. Mcd pake third parties agent artinya bukan dr mcd sndri yang buat. Itu tes online dan cepet banget asli tau dah otak saya gak belum cerna pertanyaannya udah ganti soal. Soalnya sederhana aja koq. Cuma karena mcd butuh orang yg cepat dan tangkas berfikir maupun bertindak, makanya soalnya jg cepet. Semangat ya tesnya!! Maaf gak bisa balas 1/1 ya.

    BalasHapus
  47. Kak mau tanya tanggal 12 Desember 2019 saya tes psikotes Mc.Donalds dan sampai sekarang saya belum menerima pemberitahuan lolos atau tidak.
    Padahal teman teman saya sudah tes kesehatan dan lain lain.
    Mohon bantuan nya kenapa Mc.Donalds tidak memberitahu kandidat lain hasil tes nya

    Terima kasih
    Mohon di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya kamu tdk lolos. Perihal pemberitahuan, itu kebijakan masing2 perusahaan sih..sy saat ini jg bekerja sebagai HR, dan tugas sy hanya memberitahukan kepada calon yang lulus ketahap berikutnya saja. Biasanya suka dikasih tau sih klo lewat 1 atau 2 minggu gak ada kabar itu artinya tdk lolos. Semangat ya! Msh byk peluang lain semangat!

      Hapus
    2. Kalo untuk crew apa tes nya sama kaya yg di sebutkan diatas?

      Hapus
  48. hai kak aku mau tanya,wawancaranya itu pakai bahasa indonesia kan ya?

    BalasHapus
  49. Terima kasih kak sudah berbagi pengalaman dan menjadi referensi bagi kami 😇
    Salam

    BalasHapus