Rabu, 07 November 2018

MOVE ON! tapi akui dulu kelemahanmu dan temukan kekuatanmu.

Dalam dunia interview pasti sering sekali ditanya, "apa kelemahan dan kelebihanmu?"
Waktu awal- awal interview saya gelagapan dan mikir panjaaaanggg bgt!
"apa ya?" sambil cengengesan.

I know from that moment, I FAILED. AGAIN. AND AGAIN.

Awal tes psikotes, interview, dan tes kerja lainnya membuat saya menyadari banyak hal dari diri saya. Kadang saya terlalu sombong untuk mengakui kelemahan saya. Saya bukan orang lemah. Tapi terlalu sulit untuk menemukan kelebihan saya. Kelebihan lemak dan berat badan sih iya.

Seiring berjalannya waktu, saya mencoba untuk belajar dari pengalaman tes kerja yang sudah saya lakukan puluhan kali itu. Seni mencari pekerjaan juga menjadi hal yang menarik untuk saya lakukan eksperimen. Trust me, after I landed a proper job offer, I'll share how to find a job! I called that, "The Art of Getting A Job". A lot of my friends tried that some of them lucky enough to get a good job and some of them are....give up. 

Saya pernah menyerah sebelumnya karena mencari kerja dan tes sana sini...sooo tiring! Man! aku hapal jakarta - cikarang karna tes- tes kerja ini. Tapi semakin rejected, smakin penasaran "why you reject me?!" I tried to find the answer! I already tried so hard for this shitty tiring test! I TRIED! but still Failed. A lot. but I will share it in another post later. hahaha

Inti dari sharing post saya disini adalah perjalanan saya menemukan jawaban pertanyaan kenapa saya di tolak kerja? kenapa saya tidak beruntung terus?
Jujur, saya tidak percaya lagi dengan keberuntungan. Karena saya tahu saya adalah manusia paling tidak beruntung dimuka bumi ini. Oleh karenanya saya selalu harus berusaha ekstra dari pada orang lain. Orang hanya 1-2x coba, saya harus puluhan kali coba dulu. Tapi dari situ saya tahu maksud dari tuhan membuat saya pontang- panting seperti itu.


Ketika saya menurunkan ego saya dan bertanya pada lubuk hati saya terdalam, "apa kelemahan dan kelebihan saya?" saya mencoba mengakui kelemahan saya dulu. ketika saya mengakuinya, Saya mulai menemukan apa kelebihan saya.

Kelemahan saya:
1. terlalu banyak alasan
2. pemalas
3. procatinator
4.  terlalu dengerin kata orang

dan berangkat dari pengalaman itu, saya mencoba memperbaiki kelemahan itu. Saya coba mengubah habit saya yang pemalas menjadi lebih aktif dan produktif. Sumpah perjuangan banget dan ga mudah! Kadang saya masih aja gagal. Tapi dari situ saya menemukan kelebihan saya yaitu:

1. The good Planner
saya pandai membuat rencana, mengorganisir sesuatu agar sesuai dengan yang saya inginkan. saya juga koordinator yang baik karena kelebihan saya yang ini selalu mengesalkan jika tugas yang saya kerjakan tidak selesai sesuai dengan yang saya harapkan. ISTJ people! 

2. Persistent - never give up
Orang bilang saya tidak pernah menyerah padahal saya berkali- kali ingin menyerah. lelah dengan semua ini. Tapi saya percaya tuhan tak pernah diam untuk membantu saya keluar dari setiap permasalahan yang datang dalam hidup saya. Jujurnya, makin lama saya jadi makin menyukai setiap masalah yang datang dalam hidup saya. Dari setiap permasalahan yang saya alami, saya belajar banyak mengenai kehidupan ini. Dan disitu saya tahu bahwa ini pesan yang ingin disampaikan tuhan kepada saya. Thanks to ALLAH!

3. Mandiri
Apapun yang terjadi dalam hidup saya, saya hanya punya diri ini dan tuhan yang menjaga saya. Kadang kala saya butuh sandaran untuk merebahkan beban dipunggung ini, tapi saya tahu, saya tidak bisa merepotkan banyak orang. Hanya saya sendiri yang bisa menolong saya. Dari situ saya mulai perlahan menghilangkan sifat pemalas saya dan menjadi orang yang penasaran mengenai hal- hal baru.

Percaya deh. Ketika Tuhan menguji umatnya, pasti ada makna yang ingin disampaikan. Semangat untuk menapaki dunia dan temukan arti kehidupanmu. Saya sendiri akhirnya tahu untuk apa saya dilahirkan didunia ini. Dan misi apa yang saya bawa dari ilahi untuk hidup ini. Hanya saja untuk melaluinya, butuh pengorbanan dan air mata yang tidak sedikit dan pedih!

Semangat! Tidak selamanya roda kehidupan di bawah, dan tidak selamanya di atas juga. Jadi bersiaplah!! KEEP MOVING ON! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar