Minggu, 24 Desember 2017

SUSAHNYA MENCARI KERJA JAMAN NOW

Ada yang pernah ngalamin kesusahan cari kerja?
Kalau iya, kamu sama seperti saya yang sulit sekali mencari kerja. 
Kalau tidak, kamu beruntung bisa mendapatkan pekerjaan. But please kindly read this page. Terutama kamu yang kerja di bagian recruitment, tolong bantu saya kasih masukan dari curhatan saya di blog ini.

Intro.
Saya lulus tahun 2014 lalu, sejak saya lulus, saya sudah mencoba lamar pekerjaan kesana kemari dari perusahaan besar semacam Astra hingga perusahaan baru merintis. Saya apply semua. Tapi memang pekerjaan itu suatu rejeki dan rejeki tidak semua orang mudah mendapatkannya seperti saya. Rejeki itu rahasia ilahi. Rejeki orang berbeda-beda.
Akhirnya setengah tahun saya buang percuma untuk mencari kerja di perusahaan tapi saya gak berdiam diri aja, saya juga sambil jualan online. Cuma jualan online jaman sekarang benar- benar kalah saing dengan situs e-commerce besar yang menawarkan harga lebih murah. Aku yang hanya reseller ini bisa apa selain sabar dan mencoba usaha lain? Dalam sebulan aku paling banyak bisa menghasilkan 500 ribu paling sedikit 100 ribu.
yes I know I have to be creative but I don't know what to do anymore. Almost everyday I watch how other people doing their business but I don't have money to start with? please bisa kasih aku saran in this subject? I'm about going hopeless.


Sebenarnya ayah saya mempunyai usaha kecil di bidang ekspedisi atau transportasi. Gak bisa dibilang kecil juga sih karena dari jaman saya masih belum lahir bapak saya sudah menggeluti bidang itu so I though why not? He asked me to help him manage his business. Sumpah ya! Kerja sama orang tua tidak semenyenangkan yang kalian bayangkan. Bapakku ini sangaaaattt amaaattt payah soal management. so no wonder dia minta saya lanjutin usahanya. awal saya mulai usaha memang berjalan mulus. Walaupun ada beda pendapat dengan orang tua saya tapi selama saya merasa benar dan berdampak positif, jadi saya lanjutkan saja. 

Bapak saya ini selalu bilang manajemen yang dia jalani itu ala koboy. jadi uang usaha untuk modal campur aduk dengan kebutuhan sehari- hari dan hutang dan apalah yang bisa kamu bayangkan. duh kebayang donk saya bingungnya ngurus usaha kalau yang punya usaha ga ngerti sama sekali soal manajemen. Jadi mau ga mau disini saya yang harus bersikap tegas ga bisa seperti itu terus. Dari hal ini aja saya tau kenapa orang tua saya punya usaha gak maju- maju kaya temannya yang usaha dijenis yang sama. No Wonder. Seriously.

Singkat cerita, saya sudah dua tahun menggeluti bidang yang sama dengan bapak. Akan tetapi karena kesalahan investment yang bapak lakukan, saat ini kami benar- benar kesulitan ekonomi. Padahal tadinya hasil dari usaha kami cukup untuk modal, nabung, sekolah adik-adik, dan kebutuhan kami sehari- hari tapi sekarang gak cukup apapun. Kami selalu kekurangan. Dalam sebulan setidaknya kami harus menghasilkan 50 juta untuk menutupi hutang yang bapak ambil dan 20 juta untuk modal dan kebutuhan sehari- hari. Pengahasilan kami sekarang tidak sampai angka segitu. Bisa bayangkan betapa pusingnya kepala saya untuk menutupi itu semua. Mau bagaimanapun, Harta dan Hutang pasti akan diturunkan ke anak- anaknya dan saya gak mau itu berlanjut harus membayar hutang bapak hingga saya tua. Saya selalu berdoa kepada yang Maha memberi agar perkara hutang bapak saya segera lunas sebelum saya berkeluarga dan mereka bisa menikmati masa tua mereka dengan tenang tanpa tiap hari harus pusing seperti sekarang. Suratan takdir memang tidak ada yang tahu akan kemana nasib kami. Tapi saya yakin, Allah SWT sayang sama kami sehingga dari semua cobaan ini kami benar- benar dapat pelajaran yang sangat berharga.

Kembali ke topik utama, karena melihat hal tersebutlah saya berusaha kembali mencari pekerjaan diluar. Saya berpengalaman sebagai supervisor karena saya mengurus segala hal yang berkaitan dengan manajemen di perusahaan Bapak. Saya tiap hari apply pekerjaan kesana kemari tapi belum ada panggilan juga. Orang bilang harus pakai koneksi, tapi ada juga yang bisa tanpa pakai koneksi. Saya ingin mengembangkan diri dan kemampuan saya di lingkungan baru tapi hingga saat ini belum ada perusahaan manapun yang memberikan kesempatan itu kepada saya. Kadang saya bingung, kurangnya saya apa ya?
apa karena fisik saya yang gemuk ini? rasanya kemampuan saya tak kalah dengan orang kurus. but well dari situ saya berusaha diet dan sekarang saya sudah turun 12kg dan masih terus berlanjut. Fisik emang bukan nomor utama tapi kenyataannya first impression seseorang dilihat dari fisik dulu baru cara dia berbicara kan?
kadang saya suka aneh melihat perusahaan yang mencari pegawai butuh pengalaman lebih dari 5 tahun tapi gaji 4,5an? Saya di daerah UMR bogor jakarta yang gaji segitu pegawai pabrik pun bisa loh. saya geleng- geleng kepala lihat itu pengumuman. ya mungkin perusahaannya baru merintis tapi kamu mau cari yang berpengalaman tapi gaji segitu siapa yang mau? Cobalah cari lulusan baru atau yang pengalamannya minimal 1 tahun bekerja deh kayanya lebih masuk akal deh. Perusahaan males ngajarin pegawai baru kali ya? entahlah.

So far saya mengikuti tes seleksi hanya sampai tes psikotes dan wawancara. selalu selesai sampai situ. Saya hanya bisa berdoa dan berusaha memperbaiki diri saya dari hal tersebut tapi belum diberikan kesempatan untuk mencoba lagi. Semoga saja awal tahun depan menjadi awal yang baik untuk saya berkembang lebih dari ini. Dan saya bisa berbagi cerita lagi. Kalau cerita kamu gimana? Share dan kasih masukan di kolom komentar boleh banget loh.

Oh iya saat ini saya jualan online baju second saya bisa di cek ke instagram ya @bigsize_1993 dan carousell saya @amiyusepa jangan lupa follow dan beli ya!

Semoga harimu menyenangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar