Selasa, 22 Mei 2018

Ada Apa di Bangkok?

As I said in my last post, I went to Thailand with my friends and we live like a local in there. Now let me tell you, Ada apa aja di Thailand? Ngapain aja disana?

Peta Kota Bangkok. We stayed near the river! So much Fun!

I forgot where I found this but this help me a lot.


Let's see, we went to 2 cities in there, Bangkok and Pattaya. Di post kali ini saya mau cerita apa aja yang kami lakukan di Bangkok? Bagus ga?

Let's start!


Bangkok Bus Map! trust me just use your google map to catch a bus. 


Kami berangkat dari jakarta tgl 3 agustus 2017 jam 4 sore dan sampai di Bandara Don Mueang, Bangkok jam 8 malam tapi karena ngantri di imigrasi dan tunggu bagasi, kami baru beres jam 10. Dari awal kami memang sudah memutuskan untuk mengurangi biaya, di hari pertama kami akan menginap di Bandara saja. Dimana sih tempat paling nyaman untuk tidur di Bandara DMK ini?

Di Bandara Don Mueang atau DMK ini terdapat beberapa lantai. Jujur, bandara ini termasuk bandara kecil jadi jangan berekspektasi banyak ya. Dari pintu keluar pengambilan bagasi, kamu belok kanan, akan ada coffee shop (saya lupa namanya) dan kalau belok kiri, kamu jalan terus sampai ketemu pintu keluar untuk tunggu bus. Nah disana akan ada banyak kursi- kursi panjang yang biasa ditiduri orang yang emang menginap di bandara. Tak jauh dari situ, kamu juga akan ketemu toilet, bakery shop, ATM, dan naik 2 lantai kamu akan menemukan mushola. Sebenernya enak tidur di mushola sih. Tempatnya bersih, adem, dan sepi tapi yaaa itu kan tempat solat, malu atuh yaaa.


exit untuk naik bus. Itu konter- konter kalau naik bus dan money changer.
tempat tunggu bus jadi tempat bobok. tenang gaess ada colokan!


di dalam mushola Bandara. sumpah bagus banget! dan selalu ada penjaganya jadi gak bisa numpang bobok :(


Esok harinya kami bergegas pergi ke hostel kami karna mau taruh barang dan melanjutkan perjalanan. Kami menunggu bus paling pagi yang datang jam 8 pagi sampai chatuchak market, dari situ kami naik bus gratis berwarna merah menuju hostel yang tak jauh dari khaosan road. Suatu kebodohan yang kami lakukan adalah tersesat dihari pertama. Kami salah turun dan tak ada internet. kami belagi gitu niat cari yang murah malah susah. Jadi kalian kalau sudah di Bangkok, beli aja simcard di bandaranya cuma 199baht untuk tourist simcard for 7days. Pada akhirnya kami naik taksi juga deh daripada kaya anak ilang di negara orang kaann?!
Dan ternyata tempatnya masih jauh dari tempat kami turun. Untunglah kami naik taksi.

Bus Bandara sampai Mochit 30baht aja gaess


Begitu dari hostel, kami menuju Jim Thomson House. Tempat itu seperti museum sih dan guide-nya sangat bagus disana. Biaya tiket masuknya 150baht/ orang. Agak PR sih masuk ke dalam gang gitu tempatnya tapi  disediakan kendaraan untuk sampai pinggir jalan koq. Di sana kami menghabiskan waktu 2 jam dan langsung ke mall Siam Paragon. Dari sana kami naik BTS cuma 1 stasiun aja. Habisnya lewat bawahnya macet banget sih parah. Harga naik BTS ini tergantung jarak ya. Kamu bisa lihat di papan petunjuknya koq. 1 stasiun transit cuma 15 baht.

tempat kami nginep. rekomendasi banget!

Halaman JTH museum

tiket struk dan pamflet museumnya
Di mall kami ngapain sih? keliling aja gitu hahaha. Kami dapat yogurt gratis. Dan beli masker etude disana. Lebih murah daripada di Indonesia sih. Kami juga makan siang disana. Tapi saya dapat zonk sih. Si mbak yang ngelayaninnya salah paham jadi dapatnya tomyam padahal pengennya tonkatsu. kesel sih. lagi laper tapi makannya pedes manis gitu.



struk makan tomyam yang gak enak

udah mau setahun tapi masih hormat banget sama rajanya. Salut!



Sudah puas foto- foto di Mall, kami menuju khaosan road dan kulineran disana. Duh tunggu busnya lama banget gak datang- datang akhirnya kami jalan kaki dan jauh banget donk sampe staduim bola segala. Stop taksi gak ada yang mau pake agro pengennya 200baht smua. akhirnya kami naik tuktuk 120baht sampe sana. Pokoknya kalau ke Thailand sih siap- siap banyakin jalan deh susah transportnya. Gampang sih tapi kami mau ngirit haha. Kalau mau taksi dan tuktuk itu kuncinya adalah JAGO NAWAR.

TUKTUK BERGOYANG SAKING KENCENGNYA GUSTIII


Harga rata-rata makan disana cuma 50 baht dan masih ada yang lebih murah dari itu loh. Enak banget deh biaya hidup disini. Sehari rata- rata saya keluarkan uang cuma 1000 baht X Rp400 aja jadi 400.000 sehari.

Hari kedua rute kami itu yang satu arah dengan sungai karena kami mau naik Hop on Hop boat dengan harga 180 Baht/orang. Hop on hop boat ini benderanya warna biru. Memang dikhususkan untuk tourist karena ada tour guide-nya juga. Dan kamu bebas kemana aja naik boat ini selama seharian. Gratis cukup tunjukan kartu pass-nya aja. Tapi sayangnya ga semua tempat dijangkau oleh boat. Hanya tempat yang touristy aja. Dan kalau kalian mau nyebarang sungai itu cuma kena biaya 3 baht doank. 

tiket dan struk boat jangan sampe hilang

prha athit pier

Kami ke Grand Palace, istana super megah dan luas. Bangunannya keren sih disini dan didalamnya banyak yang beribadah juga. Setelah itu kami makan di warteg sekitar situ 45 baht ajaa+ coconut ice cream 40baht. Dari situ kami nyebrang dan menuju stasiun yang hanya ada beberapa di dunia dan di Asia hanya ada di Thailand. Yap, museum of human body. Sebenarnya ada 2 museum yang terletak di rumah sakit sekaligus universitas ini. Museum of human body dan otopsi nah kami masuk yang gratisnya. Tapi sumpah lebih hardcore sih. Yang ada disana jasad asli yang diawetkan semua. Kalian tidak boleh ambil foto disana. Ya takut juga sih gila ya! kalau museum satunya lagi itu lebih bagus dan terkenal. Terletak di lantai 2 salah satu bangunan rumah sakit disana. Harga masuknya 200baht. Teman- temanku tak mau masuk mahal katanya ahaha. Akhirnya kami pulang dan melewati pasar untuk sampai ke dermaga. Yaudah deh uangnya kami pakai jajan jajanan pasar di Thailand. Gak tau apa namanya dan kandungannya ya saya beli dan makan aja yang kelihatan enak. halal? jangan tanya deh saya juga tak tahu.

Grand Palace

Grand Palace

Museum of Human Body

jajanan pasar


Nasi ayam basil dan telor ceplok 45 baht

sumpah yang enak bisa dihitung jari hahaha


Selanjutnya kami ke Wat arun tapi masih ada beberapa perbaikan sih ditempat ini. Biaya tiket masuk kesini dikenakan 50 baht perorang. Puas keliling, makan, dan foto- foto, kami nyebrang ke Wat Pho. Tiket masuk ke Wat Pho itu 100baht/orang. Dari sana kami ke Asiatique naik Boat lagi. Sedikit terkena kendala oleh hujan yang sangat besar jadi gak ada boat yang berani kesana. Untungnya tidak lama hujannya jadi kami ga buang- buang waktu disana. Begitu sampai di Asiatique, kami langsung naik bianglala pinggir danau itu. Sumpah keren banget karena habis hujan jadi ada pelagi. Cukup mahal emang buat naik bianglala ini sebesar 400baht/ orang tapi worth my money that time. Waktu yang bener- bener pas untuk naik bianglala. Tapi cukup lama koq didalam sana. Mungkin ada 5 puteran deh. Abis itu kami niat berkeliling ini mall tapi apadaya waktu gak cukup sampai boat terakhir. Akhirnya kami naik boat yang kuning 19 baht kemana pun sekali naik. Nanya ke tetangga yang duduk dipinggir kami untuk sampai khaosan road dimana eh dia gak ngerti kesel deh. Dan akhirnya kami jalan kaki jauhhhh banget karena ikutin saran dia. Sumpah ya kalau di Thailand itu, ikuti map dan kata hati aja deh. Kesan saya sama orang Thailand tuh ya jutek- jutek dan gak ramah plus pada ga bisa bahasa inggris. So siapkan hati aja deh kalau disana. But so far pengalaman saya di Bangkok itu sangat menyenangkan.

             





rainbow after the rain

the city from bianglala

Asiatique from the boat ride at night

inside the yellow flag boat. crowded!


Setelah menghabiskan malam di Khaosan Rd, kami pulang dan beristirahat untuk menyiapkan perjalanan besoknya ke Pattaya. Tapi sebelum pergi ke Pattaya, kami belanja dulu di Chatuchak weekend Market. Dari hostel yang kami nginep ini tuh enak banget dekat dengan bus stop, port, dan kemana- mana super gampang. Kami naik bus ber-AC karena bus gratisnya gak kunjung datang juga. Tapi ternyata bus ber-AC pun super murah cuma 14baht sekali jalan kemanapun. Sampai di Chatuchak bener- bener kalap deh saya aja habis 1000 baht belanja disini. Super murah dan bagus kualitasnya. Pokoknya kalau ke Bangkok tuh wajib banget kesini deh. Dan disini ada yang jual coconut ice cream super enak banget favorit deh.

makanan nasgor polos 40 baht di Khaosan Road

kasur di hostel.

di dalam Bus AC berbayar 14 baht
 BTW, kalo kalian mau ke Chatuchak dari Bus Stop masih perlu jalan masuk ke gang sampe ketemu foto di bawah ini. Again, kalau disini kuncinya adalah PINTAR- PINTAR MENAWAR!
depan chatuchat. keliatan palangnya kan yaaa

127 baht/ baju. bahannya bagus sih adem enak banget dan disini ibunya mau ditawar paling murah.

COCONUT ICE CREAM MY FAVORITE!


Foto jalan chatuchak dari jembatan penyebarangan.



Setela puas dan cape berbelanja, kami pulang ke hostel dan membereskan barang bawaan kami. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Pattaya!!!!

free breakfast di Hostel


Tapi saya akan cerita di post selanjutnya.
Ohya dan semua biaya dalam baht tinggal kalian kalikan Rp400 kurs waktu saya disana. Kurang lebih biaya yang saya habiskan di Bangkok selama 3 hari itu 6000 baht termasuk belanja, makan, hostel, dan transport.

Semoga post ini bermanfaat ya! Selamat bersenang senang!

Kalau kalian ada pertanyaan, bisa komen aja langsung.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar