Minggu, 30 September 2018

Menentukan Pilihan; MENCARI ARTI DARI SETIAP MASALAH

Pernah ga sih kamu merasa hidupmu salah jalan?
Tuhan tidak adil dengan hidupmu?
Iri dengan hidup orang lain yang terlihat lebih baik dari kamu?

Saya yakin semua orang sudah mengalami hal tersebut dalam hidupnya. Saya juga sering merasakan hal tersebut. Akan tetapi dari pengalaman jatuh bangun dalam kehidupan saya, ada beberapa hal yang ingin saya bagikan untuk kalian yang sudah putus asa dalam hidupnya.

Saya tidak akan panjang x lebar membahas kehidupan saya karena akan berujung dengan curhat. Tapi satu hal yang pasti dari pengalaman jatuh bangun saya dalam mengadapi kehidupan ini yaitu:


1. Ketika saya dihadapkan dalam suatu kegagalan, saya selalu disadarkan bahwa apa yang saya perjuangkan belum sepenuhnya saya lakukan. Walau sudah banyak tenaga, keringat, dan air mata, tapi masih belum cukup juga untuk saya mencapai target saya. Kadang bahkan sering saya menyerah ditengah jalan. Muak dengan semua kegagalan yang saya hadapi. Tapi ketika saya berbalik arah, saya selalu merasa bahwa Allah menyadarkan bahwa kamu harus coba lagi dan lagi dan lagi. Intinya apa? Tuhan ingin saya push my own limit. Sejauh mana kegigihan, keseriusan, dan pengorbanan yang saya lakukan untuk mencapai tujuan saya. Keep going! Keep Trying! Even the world against you!

2. Ketika saya benar- benar stress dengan kehidupan yang saya jalani, ada banyak hal yang biasanya saya lakukan. 1. menangis sejadi- jadinya, 2. makan to my heart content, 3. jalan- jalan keluar rumah, 4. bertemu teman (walau kadang sekarang suka saya batasi teman mana yang bisa saya ajak ketemu ketika saya benar- benar down. ada banyak teman di dunia ini, tapi teman yang bisa menerima dan menyemangati kamu ketika kamu sedang jatuh itu bisa dihitung jari. kalau kamu ketemu mereka, pertahankan temanmu!), dan 5. olahraga. Saya juga disadarkan dari pengalaman ini, betapa bahayanya stress untuk tubuh kita dan pikiran. Saya pernah sakit asam lambung naik dan luka dalam sebulan dan masih recovery hingga mau ketiga bulan ini. Ketika saya stress, lambung saya akan sakit tak tertahankan. Stress juga membuat saya tidak bisa tidur sepanjang malam, membuat raut muka lesu, dan semua skin care yang saya pakai dimuka jadi tidak ada pengaruhnya. Dari 5 point yang saya jabarkan itu, yang akhirnya sangat berguna untuk mental dan badan saya yaitu olahraga. Karena stress berkepanjangan itu juga saya jadi menyukai olahrga. Akhirnya menemukan hal positif dari stress.. ahahaha. Tapi satu hal yang sangat ingin saya sampaikan yaitu ketika kamu stress, sebisa mungkin jangan dipendam. Lampiaskan pada point yang saya jabarkan.

3. Ketika saya merasa saya tidak berguna dan tidak perlu hidup lagi (serius loh saya sudah beberapa kali ingin mencoba mengakhiri hidup saya tapi saya teringat bahwa kita lahir di dunia ini memiliki misi yang dititipkan tuhan untuk kita jalani. Walaupun saya selalu bertanya apa yang tuhan inginkan dari hidup saya yang tidak ada artinya ini? Dan kemudian saya pergi ke toko buku dan menuju section pengembangan diri. Saya baca buku- buku tersebut dan akhirnya ketika saya benar- benar down, saya akan membaca buku tentang pengembangan diri. Selain itu, dekatkan diri pada tuhan dan ceritalah pada-Nya. Apa mungkin saya cerita ke orang lain bahwa saya ingin mengakhiri hidup saya? Tidak kan?! Dan akhirnya saya salat dan meminta ampunan Allah dan memohon untuk diberikan petunjuk. Sebenarnya sih ya tidak ada ngaruh secara langsung kehidupanmu jadi membaik. Tidak ada keajaiban di dunia ini. Tapi dengan banyak beribadah, setidaknya kamu yakin bahwa Tuhan akan menolongmu dan memberikan kejaiban pada hidupmu. Dan kamupun akan mencapai ketenangan batin bahwa tugasmu di dunia ini belum selesai.

4. Ketika saya merasa iri dengan kehidupan orang lain, hal yang biasanya saya lakukan adalah membiarkan saya menginginkan kehidupannya dan kemudian akan saya tanamkan dalam diri saya bahwa kalau saya ingin kehidupan seperti orang itu, saya harus berusaha. Berusaha semaksimal mungkin. Saya sering gagal berkali- kali. Tapi kemudian saya tersadar bahwa usaha saya belum ada apa- apanya dengan orang yang saya iri kehidupannya itu. Dan saya selalu menanamkan dalam hidup saya, bahwa ketika saya menginginkan sesuatu, saya harus extra kerja keras 1000x lipat dari pada orang lain. Karena apa? karena saya bukan orang yang beruntung tapi saya orang yang pekerja keras dan mau mencapai tujuan yang sudah saya inginkan.

5. Ketika kamu merasa tidak memiliki kemampuan apapun atau minder dengan kemampuan orang lain, coba belajarlah dan berlatih agar kamu juga memiliki kemampuan yang kamu inginkan. Tidak ada kata terlambat dalam hidup ini. Semua akan berubah ketika kita menentukan pilihan dan ingin merubah hidup kita.

Ada kalanya kita merasa pilihan yang kita pilih ini salah. Tapi percayalah tuhan memberikan kita jalan tersebut untuk bekal kita di masa yang akan datang. Seperti kata pepatah, "besakit- sakit dahulu, bersenang- senang kemudian". Tidak pernah ada kata terlambat dalam menentukan pilihan. Hidup hanya sekali dan waktu tak bisa diulang. Tetap teguh pada keyakinanmu, percaya bahwa mimpimu akan tercapai. 

Setiap cobaan akan ada makna yang ingin tuhan berikan untuk kamu pelajari dan tuhan ingin kamu lebih kuat dan berani tapi tetap stay on the ground. Jangan banyak mengeluh dan tetap maju!

Banyak berdoa, berusaha, dan berkomunikasi dengan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar